Peran Pendidik Kristen Terhadap Dampak New Morality dari Era Digital
Keywords:
Kemorosotan Moral, New Morality, Pendidik KristenAbstract
Salah satu indikator penting yang harus diterapkan oleh para pendidik Kristen adalah pembentukan karakter yang baik pada diri siswa. Mengingat dampak negatif era digital ini, para pendidik Kristen dituntut untuk memainkan peran yang lebih nyata dan bermakna dibandingkan sekedar mengajar di kelas. Tujuan artikel ini adalah untuk menunjukkan peran pendidik Kristen dalam membentuk karakter siswa di era digital, yang mempengaruhi moralitas baru tersebut.
References
Amin, Muhammad. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan.” TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 105–124
Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016. Ismail, Andar. Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik-Mendidik. Vol. 8. BPK Gunung Mulia, 1997.
Lebar, Lois E. Educational That Is Christian: Proses Belajar Mengajar Kristiani & Kurikulum Yang Alkitabiah. Malang: Gandum Mas, 2006. Maharsi, Sri. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen.” Jurnal Akuntansi dan keuangan 2, no. 2 (2000): 127–137.
Manizar, Elly. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar.” Tadrib 1, no. 2 (2015): 204– 222.
Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 1 (2014).
Pratiningsih, Dwi. “Efektivitas Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Baca Al-Quran Anak Di SD IT Nurul Ishlah Banda Aceh.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 17, no. 2 (2017): 194– 209.
Prijosaksono, Ariwibowo, and Roy Sembel. Control Your Life: Aplikasi Manajemen Diri Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2002.
Rochmah, Elfi Yuliani. “Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar (Perspektif Psikologi Barat Dan Psikologi Islam)” (2016).
Samarenna, Desti, and Harls Evan R Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4: 12 Bagi Mahasiswa Teologi.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13.
Setiawan, Wawan. “Era Digital Dan Tantangannya.” In Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia, 2017. Siahaan, Harls Evan R. “Aktualisasi Pelayanan Karunia Di Era Digital.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2017): 23–38. www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe.
Sidjabat, B. S. Membangun Pribadi Unggul-Suatu Pendekatan Teologis Terhadap Pendidikan Karakter,. Yogyakarta: ANDI Offset, 2015. Sudarsono. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Susanti, Lidia, and Carla Imbiri. “Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 254–263. ———.
“Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 254–263.
Usman, Moh. “Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1995.” Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar (1999).
Wijanarko, Jarot. Mendidik Anak Nilai Hidup Integritas Karakter. Jakarta: Suara Pemulihan, 2008. Wursanto. Manajemen Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius, 1987
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL TRANSFORMASI: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.