Apakah Hikmat Diciptakan dan Bagaimana Implikasinya Terhadap Kristologi? (Studi Eksegesis Terhadap Makna Kata Hikmat Diciptakan Sebelum Dunia Dijadikan Berdasarkan Kitab Amsal 8:22 dan 30)

Authors

  • Markus Medlama Sekolah Teologi Injili Indonesia Yogyakarta

Keywords:

Aku, hikmat, makna, sebelum dunia ada, Kristologi

Abstract

Topik mengenai genre hikmat perlu kehati-hatian dan ketelitian yang mendalam dalam prosesya , sebab genre hikmat memiliki keunikan dan kerumitan dalam memahaminya ,seperti di dalam kitab amsal yang memiliki kerumitn tersendiri .Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terjemahannya  dapat dimaknai dengan baik. Tulisan ini berfokus pada studi kata dalam melihat  “hikmat ada sebelum dunia dijadikan” dan kata ganti “aku” di dalam teks ini apakah menunjukan kepada pribadi atau sekedar personifikasi dalam sastra. tujuan tulisan ini lebih pada memahami kata “aku” yang menunjukan kepada hikmat ini, guna juga memberi sanggahan terhadap aliran yang menggunakan ayat ini sebagai dasar unutk meggugurkan keilahian Yesus, sehingga implikasi dari tulisan ini dapat berpengaruh pada pemahaman kristologi yang benar. 

References

DAFTAR PUSTAKA

Grant R. Osborne, Spiral Hermeneutika: Pengantar Komprehensif Bagi Penafsiran Alkitab (Surabaya: Momentum, 2012)

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika: Doktrin Manusia. Surabaya: Momentum, 1995.

Andre E. HILL & John E.Walton: Survei perjanjian lama, penerbit Gandum Mas(penerjemah;Tri Setoatmoko) ,2021.

Norman L Geisler & Paul D.Feinberg: Filsafat dri perspektif Kristiani,penebit Gnadum Mas (terjemahan) 2013 .

Hendry C.Thiessen: Teologi Sistematika, Hak cipta terjemahan Indonesia ,Penerbit Gandum Mas , 2015.

Paul Enns: The Mody Handbook Of Theology, Literatur SAAT, Malang

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2007)

Sausure dan Wittgenstein dalam ; Grant R. Osborne, Spiral Hermeneutika: Pengantar Komprehensif Bagi Penafsiran Alkitab (Surabaya: Momentum, 2012)

Leningard Codex: Bible works

Silva,Moises:Biblical Words and their meaning: An introduction to lexical semantics.Grand Rapids.1983.

Jurnal :

Prinsip-Prinsip Hermeneutika Genre Hikmat Dalam Kitab Amsal: Suatu Pedoman Eksegesis Farel Y. Sualang, M.Th , Tinggi Teologi Injili Indonesia, Yogyakarta

Tinjauan Konsep Manusia Sebagai Gambar Allah Terhadap Kasus Human Trafficking Di Indonesia , Manintiro Uling , Institut Injil Indonesia

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Medlama, Markus. 2024. “Apakah Hikmat Diciptakan Dan Bagaimana Implikasinya Terhadap Kristologi? (Studi Eksegesis Terhadap Makna Kata Hikmat Diciptakan Sebelum Dunia Dijadikan Berdasarkan Kitab Amsal 8:22 Dan 30)”. JURNAL TRANSFORMASI: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan 3 (1):12-16. https://journal.sttintibandung.ac.id/index.php/JT/article/view/60.