Menuju Model PAK Mistagogis-Kontekstual Sinergi Theosis, Kearifan Lokal Jawa, dan Shared Praxis

Authors

  • Timotius Adrian STAK Marturia, Yogyakarta

Keywords:

theosis; manunggaling kawula Gusti; shared praxis; PAK; mistagogi kontekstual

Abstract

Artikel ini menyoroti krisis mistagogi dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) kontemporer yang cenderung menekankan aspek kognitif-informatif, tanpa menuntun naradidik masuk pada pengalaman iman yang transformatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif historis-teologis, tulisan ini mengintegrasikan visi theosis dari tradisi patristik dengan falsafah Jawa tentang manunggaling kawula Gusti, serta kerangka pedagogis shared praxis ala Groome. Theosis dipahami sebagai tujuan akhir PAK, yakni transformasi menuju keserupaan dengan Kristus, sementara manunggaling kawula Gusti dipandang sebagai jembatan kontekstual yang memperkaya pemahaman iman dalam horizon budaya lokal. Shared praxis dihadirkan sebagai strategi mistagogis untuk membimbing naradidik dari pengalaman hidup menuju penghayatan iman yang mendalam. Artikel ini menyimpulkan bahwa sinergi antara theosis, manunggaling kawula Gusti, dan shared praxis dapat merumuskan sebuah model PAK mistagogis-kontekstual yang dialogis, partisipatif, dan transformatif bagi gereja serta pendidikan Kristen di Indonesia.

References

Andy Tri Wijaya. “Potret Pelaksanaan Meditasi Dan Dampaknya Pada Perubahan Perilaku Masyarakat Vihara Karangdjati Kabupaten Sleman Yogyakarta.” Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 2019.

Banawiratma, J.B. Spiritualitas Trinitas Kosmis. Kanisius, 2025.

Bouway, Kornelia, and Nelcy Mbelanggedo. PENDEKATAN HOLISTIK PADA KOMPETENSI GURU PAK: MENYEIMBANGKAN ASPEK TEOLOGIS, PEDAGOGIS, DAN SOSIAL. n.d.

“Doktrin Deifikasi Dalam Gereja (Koptik): Bagian 1 | Belajar Berdoa Dan Bercinta.” Accessed September 27, 2025. https://learnpraylove.com/the-doctrine-of-deification-in-the-coptic-church-part-1/.

Fitri Alfariz. “Serat Centhini: Ajaran Menjadi Manusia Sejati.” Jurnal Filsafat Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 2025.

Gulo, Syutriska Kardia, and Hendi Wijaya. Inkarnasi Menurut Hilarion Alfeyev: Tindakan Kasih Allah Dalam Memperbaiki dan Memulihkan Kodrat Manusia. 2 (2023).

Hale, Merensiana, and Franklin Ton. “Gereja Profetik Menurut Paulo Freire.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 4, no. 1 (June 2021): 90–108. https://doi.org/10.34307/b.v4i1.234.

Harianto. Isu-Isu Kontemporer Teologi Pendidikan Agama Kristen. 1st ed. Malang: Gandum Mas, 2024.

Imeldawati, Tiur, Binur Panjaitan, and Warseto Freddy Sihombing. Pendidikan Agama Kristen di Masa Lalu-Masa Kini dan pada Persfektif Masa Depan. 6 (2022).

“Katekismus Gereja Katolik - IntraText.” Accessed September 25, 2025. https://www.vatican.va/archive/ENG0015/__P2T.HTM.

Kawangmani, Soleman, and Lavandya Permata Kusuma Wardhani. “IMPLEMENTASI PENGALAMAN REALISTIS-MISTIS GEREJA PERDANA DI JEMAAT UNTUK MEMBERITAKAN KABAR BAIK DALAM KONTEKS MISTIK JAWA KONTEMPORER.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 4, no. 2 (September 2022): 138–51. https://doi.org/10.38052/gamaliel.v4i2.163.

Legi, Ribka Esther, Yopi Baleona Tolego, Anatje Ivone Sherly Lumantow, and Juriaty Rumetor. “Pendidikan Agama Kristen Dewasa: Tantangan, Strategi, dan Implikasi Bagi Pengembangan Spiritualitas dalam Konteks Sosial-Budaya Modern.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 2025.

Lossky, Vladimir. The Mystical Theology of the Eastern Church. 1st ed. The Lutterworth Press, 1991. https://doi.org/10.2307/j.ctt1cgf332.

Menta Uli Purba, Albiner Siagian, Simion D. Harianja, Johari Manik, and Taripar A. Samosir. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2023/2024.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 1, no. 4 (2023): 42–52. https://doi.org/10.55606/jutipa.v1i4.192.

Pratama, Febri Fajar, T Heru Nurgiansah, and Raisa Rafifiti Choerunnisa. Kajian Nilai-Nilai Karakter Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Membentuk Sikap Moral Kewarganegaraan. 6, no. 2 (2022).

Saraswati, Ida Ayu Gde Apsari, and I Gusti Agung Paramita. “KONSEP SURGA, NERAKA DAN MOKSA DALAM KAKAWIN CANDRA BAIRAWA.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan 15, no. 28 (2016): 29–44. https://doi.org/10.32795/ds.v15i28.58.

Subeno, Sutjipto. “Theosis : Deification atau Divinitation ?” Buletin PILLAR, 2006. https://www.buletinpillar.org/qa/q-a-juli-2006.

Tanduklangi, Rinaldus. “Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Matius 28:19-20.” PEADA ; Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020).

Thomas H Groome. Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita Dan Visi Kita. Edited by Kristina Santi Tjahjadi. New York: Harper & Row Publisher, 2011.

Wahono, Tri Ratno. “Digesting Theosis with the Concept of "Ngonangi” Ki Ageng Suryomentaram.” International Conference on Theology, Religion, Culture, and Humanities, 2023.

Welikinsi. “Peran Pendidikan Kristen dalam Membentuk Identitas dan Tujuan Hidup dalam upaya Mengatasi Krisis Spiritual di Kalangan Pelajar.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 2, no. 1 (2024): 39–50. https://doi.org/10.46445/nccet.v2i1.847.

Yusuf, Muhamad Yustandri Hardika, Rahma Azhar Karania, Maftuh Ajmain, and Siti Rihadatul Aisy. KONSEP AL-FANA’, AL-BAQA’, DAN ITTIHAD DALAM TASAWUF. no. 3 (2025).

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Adrian, Timotius. 2025. “Menuju Model PAK Mistagogis-Kontekstual Sinergi Theosis, Kearifan Lokal Jawa, Dan Shared Praxis”. JURNAL TRANSFORMASI: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan 4 (2):35-50. https://journal.sttintibandung.ac.id/index.php/JT/article/view/92.